Dilelang: Demo The Beatles Yang Ditolak Decca


Demo tape The Beatles yang pernah ditolak label rekaman Decca - sebuah kesalahan terbesar dalam sejarah musik - muncul kembali dalam sebuah lelang.


Dick Row dari Decca menolak demo The Beatles yang direkam tahun baru 1961 itu dan malah mengontrak The Tremeloes. The Beatles kemudian dikontrak EMI dan akhirnya menjadi bintang kelas dunia.

Versi bootleg-nya memang banyak beredar tetapi hanya sedikit yang pernah mendengar versi rekaman asli berisi 10 lagu cover version tersebut.

Rekaman asli itu dilelang di London pada hari Selasa lalu oleh Fame Bureau, dengan harga awal £ 30 000. Harga ini tidak termasuk hak cipta atas lagu-lagu tersebut.

Sebuah foto tanpa tanggal memperlihatkan The Beatles dalam pose formal. (Handout/Reuters)

"Apple, perusahaan yang didirikan oleh The Beatles, memegang hak cipta untuk suara mereka dan jika ada yang mencoba untuk menjual materi tersebut tanpa izin, mereka pasti akan digugat," kata direktur pelaksana Fame Bureau Ted Owen, seperti dikutip The Times.

"Rekaman ini belum pernah dirilis secara resmi. Tentu saja unik dan kualitas suaranya benar-benar jernih. Kami telah berbicara dengan berbagai ahli dan ini merupakan rekaman dengan kualitas terbaik dari sesi ini."

Paul McCartney pada bas, George Harrison pada lead guitar, John Lennon pada rhythm guitar, dan Pete Best pada drum - yang belakangan dipecat dan digantikan oleh Ringo Starr - muncul pada demo tape yang direkam di studio Decca di West Hampstead, London utara ini.

Grupnya sendiri masih disebut "Silver Beatles" - sebelum berubah menjadi The Beatles - dan dilengkapi dengan daftar lagu yang ditulis tangan dan dilengkapi foto hitam putih para personil yang mengenakan jaket kulit dan berpose dengan alat musik masing-masing.

Di dalamnya antara lain terdapat lagu Money (That's What I Want), Take Good Care Of My Baby dan Till There Was You.

Manajer The Beatles Brian Epstein menyimpan rekaman tersebut dan belakanggan memberikannya kepada salah seorang eksekutif EMI. Orang itu pernah melelangnya secara pribadi pada tahun 2002 namun kini pelelangan dilakukan oleh Fame Bureau.

Sumber: http://www.timeslive.co.za/


Catatan:
Klik tombol jika Anda suka tulisan ini. Komentar boleh Anda tulis pada kotak di bawah ini.

Baca Juga: